LEMBAGA SERTIFIKASI USAHA BIDANG PARIWISATA ACM INDONESIA (LSU ACMI) yang berkedudukan di Jakarta, didirikan berdasarkan dengan Akta Nomor 6, dihadapan Citra Buana Tungga, SH,M.Kn., Notaris di Kota Tangerang yang dicatat didalam sistem Administrasi Badan Hukum Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dan telah disahkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan Surat Keputusannya tertanggal 18 Februari 2015, Nomor AHU-0002723.AH.01.02.Tahun 2015.


Para pendiri ACM INDONESIA memiliki komitmen yang tinggi dalam membangun dan mengembangkan industri pariwisata, khususnya di DKI Jakarta, dan di Indonesia pada umumnya. Menjadi Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata dalam rangka mendukung Sertifikasi Usaha Pariwisata di Indonesia memasuki pasar internasional yang memberikan pengakuan independen bahwa sistem manajemen dari suatu usaha pariwisata sesuai dengan standar yang ditentukan, mampu mencapai kebijakan dan sasaran yang ditetapkan secara konsisten serta dapat diimplementasikan secara efektif dan efisien. ACM Indonesia memiliki komitmen yang tinggi dalam membangun dan mengembangkan industri pariwisata di Indonesia melalui kegiatan di bidang sertifikasi usaha pariwisata
Sertifikasi Usaha Pariwisata memberikan pengakuan independen bahwa sistem manajemen dari suatu usaha pariwisata:

 

  1. Sesuai dengan standar yang ditentukan
  2. Mampu mencapai kebijakan dan sasaran yang ditetapkan secara konsisten; dan
  3. Diimplementasikan secara efektif dan efisien.

Oleh karena itu, sertifikasi usaha pariwisata memberikan kepastian kepada usaha pariwisata itu sendiri dan pelanggan, serta pihak-pihak yang berkepentingan. Kegiatan sertifikasi mencakup audit terhadap 3 (tiga) aspek standar usaha pariwisata yang meliputi aspek produk, pelayanan dan pengelolaan. Bentuk pengesahan kesesuaian terhadap standar usaha pariwisata adalah Sertifikat Usaha Pariwisata.